Strategi Pengembangan Sekolah Berbasis Kelapa Di Indragiri Hilir
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan sumberdaya manusia untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan daerah dapat dilakukan melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Sedangkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan pola integrasi ke dalam mata pelajaran seni budaya, muatan lokal, dan mata pelajaran sain teknologi terkait.
Rincian Artikel
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Balitbang Riau. 2016. Pengembangan Sekolah Berbasis Unggulan. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau. Pekanbaru.
Benny A. Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Sastra. Jakarta
Dinas Perkebunan, Kabupaten Indragiri Hilir. Luas area, produksi dan jumlah petani pemilik tanaman tahunan perkebunan rakyat. 2016. Indragiri Hilir: Dinas Perkebunan
Dick, W and Carey. 2005. The Systematic Instructional Design. New York: Jhon Wiley and Sons
Direktorat Pembinaan SMK. 2014. Pengembangan Kurikulum SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.
Murlyasa.2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian guru dan Kepala Sekolah, (Cet. ke-3; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), h. 256.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum
Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional