Strategi Pengembangan Sekolah Berbasis Kelapa Di Indragiri Hilir

Isi Artikel Utama

Candra Sari Mutiara
Gevisioner

Abstrak

Pengembangan sumberdaya manusia untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan daerah dapat dilakukan melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Sedangkan Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan lulusan SMK yang memiliki kompetensi bidang keahlian dalam pemberdayaan tanaman kelapa. Strategi pengembangan SMK berbasis kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan pola integrasi ke dalam mata pelajaran seni budaya, muatan lokal, dan mata pelajaran sain teknologi terkait.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Balitbang Riau. 2016. Pengembangan Sekolah Berbasis Unggulan. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau. Pekanbaru.

Benny A. Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Sastra. Jakarta

Dinas Perkebunan, Kabupaten Indragiri Hilir. Luas area, produksi dan jumlah petani pemilik tanaman tahunan perkebunan rakyat. 2016. Indragiri Hilir: Dinas Perkebunan

Dick, W and Carey. 2005. The Systematic Instructional Design. New York: Jhon Wiley and Sons

Direktorat Pembinaan SMK. 2014. Pengembangan Kurikulum SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Murlyasa.2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian guru dan Kepala Sekolah, (Cet. ke-3; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009), h. 256.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional