Evaluasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Website Algoritma: Study Kasus di Universitas Abdurrab Pekanbaru

Isi Artikel Utama

Kori Cahyono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan dalam kuliah algoritma dan stuktur data di Universitas Abdurrab (Univrab) Pekanbaru. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran menggunakan media berbasis website pada materi algoritma dan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi dan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran. Responden penelitian adalah mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2015 yang mengambil matakuliah algoritma. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket penilaian media yang digunakan sebagai acuan dalam menganalisis kebutuhan dan merevisi media yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan analisis kebutuhan pengembangan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mata kuliah algoritma berbasis website (e-learning) yang digunakan secara efektif dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam memahami materi algoritma. Kebutuhan pengembangan media pembelajaran lebih diarahkan pada penambahan konten animasi interaktif untuk memberikan kemudahan belajar, memahami konsep yang terlalu abstrak dan kebijakan pengembangan pembelajaran model blended learning.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Dale, E. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. Third Edition. New York: The Dryden Press.

Stufflebeam. D.L. 2000. Evaluation Models. New York: Kluwer Nijhoff Publising Company.

Sudira, Putu. Haryanto. Widarto. 2013. Laporan Penelitian Evaluasi Pelaksanaan Penelitian Kelompok Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Watkins, Ryan., Meiers, M.W., Visser, Y.R. 2012. A Guide to Assessing Needs. International Bank for Reconstruction and Development. The World Bank.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

http://tekno.kompas.com/read/2015/11/12/18300067/.Coding.Masuk.Kurikulum.Sekolah.di.2016 diakses 6/12/2015

https://tepenr06.wordpress.com/2013/04/22/pengembangan-model-blended-learning-pada-mata-kuliah-desain-pembelajaran-berbasis-komputer-dpbk-di-jurusan-kurikulum-dan-teknologi-pendidikan-ktp-universitas-negeri-padang/ diakses 6/12/2015.