Dampak Kebijakan Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Daerah Aliran Sungai Di Provinsi Riau

Penulis

  • Gevisioner Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

Tata guna lahan, kebun sawit, air tanah, konservasi

Abstrak

Perubahan pola tataguna lahan dari semak belukar dan hutan menjadi perkebunan sawit di Provinsi Riau berdampak nyata terhadap lingkungan, diantaranya adalah semakin berkurangnya ketersediaan air. Tujuan dari kajian ini adalah mengidentifikasi perubahan muka air akibat perubahan tataguna lahan akibat penanaman kelapa sawit serta merumuskan kebijakan pengelolaan konservasi sumber daya air tanah diperkebunan kelapa sawit yang berorientasi pada konservasi air tanah. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil kajian menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan penutupan lahan pada Kawasan DAS Siak dan mempunyai kecenderungan yang meningkat sehingga menyebabkan penurunan ketersediaan air tanah. Untuk menjaga kelestarian ketersediaan air di daerah aliran sungai (DAS) Siak untuk sumber kehidupan masyarakat dan makluk hidup lainnya, sebaiknya diupayakan usaha usaha teknis konservasi air tanah melalui mengkombinasi tanaman kelapa sawit dengan jenis tanaman kayu berakar tunggang.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ancol, Wahyu. 2011. Pengertian Sungai, Struktur Aliran, Banjir. Diakses pada <http://wahyuancol.wordpress.com/2011/01/21/sungai-1>

Balitbang Riau, 2008. Pengkajian Dampak Pembangunan Perkebunan Terhadap Daerah Aliran Sungai Se-Provinsi Riau. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau. Pekanbaru.

Gevisioner, 2011. Kebun Sawit, Daerah Aliran Sungai dan Banjir. Penerbit Alaf. Pekanbaru.

Harri Darmawan, Johnny MTS, , Hari Wibowo, 2009, Perubahan Muka Air Pada Tanah Gambut Akibat Penanaman Kelapa Sawit Di Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang, Jurnal Teknik Sipil Untan / Volume 8 Nomor 2 – Desember 2008.

Isabella Maharani, dkk, 2009, Pengaruh Konversi Hutan Alam Menjadi Perkebunan Sawit, presentasi.

Pasaribu, H., Mulyadi, A., Tarumun, S, 2012, Neraca Air Di Perkebunan Kelapa Sawit di PPKS Sub Unit Kalianta Kabun Riau, Jurnal Ilmu Lingkungan, Universitas Riau.

Widodo (2011). Estimasi Nilai Lingkungan Perkebunan Kelapa Sawit Ditinjau Dari Neraca Air Tanaman Kelapa Sawit. Karya Ilmiah. Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tang Usman, dkk, 2014. Strategi Percepatan Pembangunan Daerah Provinsi Riau Berbasis Sumberdaya Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. UR Press Pekanbaru.

Zenyferd Simangunsong, 2011, Konservasi Tanah Dan Air Pada Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) PT SARI Lembah Subur, Pelalawan, Riau, Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas pertanian Institut Pertanian Bogor.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2017

Terbitan

Bagian

Artikel