Optimasi Penjadwalan Kuliah Di Universitas Lancang Kuning Menggunakan Algoritma Pewarnaan Graf Dan Backtracking

Penulis

  • Kori Cahyono Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

Penjadwalan, Pewarnaan Graf, Backtracking

Abstrak

Penjadwalan kuliah di Universitas Lancang Kuning (Unilak) dilakukan pada setiap semester dan disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Pembuatan jadwal kuliah merupakan suatu combinatorial complex problem yang membutuhkan waktu dan proses analisa agar dihasilkan jadwal yang tidak cross dengan jadwal lain. Penyusunan jadwal harus memperhatikan syarat-syarat (constaint) dan kriteria optimalisasi penjadwalan, sehingga sangatlah perlu adanya suatu penjadwalan otomatis yang dengan cepat dapat mengantisipasi perubahan dan juga mudah digunakan agar lebih efisien. Salah satu metode heuristik yang telah digunakanuntuk menyelesaikanpermasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan pewarnaan graf (graph coloring) dan untuk memperoleh jadwal yang optimal digunakan algoritma backtracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma pewarnaan graf dan backtracking dapat menyelesaikan permasalahan optimasi penjadwalan secara terstruktur dan dapat digunakan untuk meningkatkan layanan proses pelaksanaan pembelajaran.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Al-Omari, Hussein. and Sabri, Khair E. (2006). New Graph Coloring Algorithms. American Journal of Mathematics and Statistics 2(4) :739-741.

Baase, Sara; A. Van Gelder. (2000). Computer Algorithms : Introduction to Design and Analysis - 3rd edition. AddisonWesley.

De Werra, D. (1990). Heuristics for Graph Coloring, Computational Graph Theory, Comput. Suppl. 7, Springer, Vienna, 191-208.

Goldberg, David E. (1989). Genetic Algorithms in Search, Optimization and Machine Learning, Kluwer Academic Publishers, Boston, MA.

Hertz, A. (1990). A fast algorithm for coloring Meyniel graphs, Journal of Combinatorial Theory B 50, pp. 231-240.

Huang, et al. (2006). A GA-based feature selection and parameters optimization for support vector machines. Elsevier, Expert Systems with Applications, pp. 231–240.

Munir, Rinaldi. (2004). Algoritma Runut Balik (Backtracking). Departemen Teknik Informatika ITB Bandung.

Tan, P.N., Steinbach, M; Kumar, V. (2006). Introduction to Data Mining, Pearson Education, Inc., Boston.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 TentangStandar Proses untukSatuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.

http://www.tutorialspoint.com/sdlc/sdlc_waterfall_model.htm

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2017

Terbitan

Bagian

Artikel