Pengelolaan Limbah Padat Medis Di Rumah Sakit

Penulis

  • Elnovrian Purnama Saghita Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

pengelolaan, limbah padat medis, rumah sakit

Abstrak

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia tahun 2013, terjadi peningkatan jumlah rumah sakit baik rumah sakit umum maupun rumah sakit khusus. Bertambahnya jumlah rumah sakit tersebut, maka jumlah limbah medis yang bersumber dari fasilitas kesehatan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengelolaan limbah padat medis di rumah sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan dalam pengelolaan limbah medis, fasilitas yang digunakan dalam menangani limbah medis, proses pengelolaan limbah medis mulai dari tahap pemilahan limbah, pengumpulan limbah, pengangkutan limbah, penyimpanan limbah sampai dengan tahap pemusnahan dan pembuangan akhir limbah. Prosedur yang dilakukan dibandingkan dengan Kepmenkes nomor 1204/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, PP nomor. 18 jo 85/1999 tentang Tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) dan Keputusan Kepala Bapedal nomor 1/1995 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Penyimpanan dan Pengumpulan Limbah B3. Hasil penelitian menemukan pengelolaan limbah padat medis yang sudah memenuhi syarat yaitu pengumpulan limbah medis, pengangkutan limbah medis, pemusnahan dan pembuangan akhir. Pemilahan dan penyimpanan limbah medis belum memenuhi syarat berdasarkan peraturan yang berlaku.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aida, R N. Lilis S. 2007. Korelasi jumlah pasien dan produksi limbah medis padat di ruang rawat inap dan unit gawat darurat RS Siti Khadijah, Sepanjang Sidoarjo. 4.2, 49-56.

Aruna, B. Amanullah, ASM. Santra, S.C, 2011. Medical Waste Management in the Tertiary Hospitals of Bangladesh : An Empirical Enquiry, 5:2.

Djaya I M. 1993. Pengelolaan Limbah Rumah Sakit. Jakarta : Makalah Seminar Limbah Rumah Sakit.

Keputusan Kepala Bapedal Nomor Kep-03/Bapedal/09/1995 Tahun 1995 tentang Persyaratan Teknis Pengolahan Limbah B3

Menteri Kesehatan RI, 2004. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, Dirjen PPM dan PL, Depkes RI. Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 18 Jo 85 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3).

Pruss, A. (Ed). 2005. Pengelolaan Aman Limbah Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta.

Silvia, 2004. Pengelolaan Limbah Padat Rumah Sakit (Studi Kasus : Rumah Sakit Saint Carolus Jakarta), Tesis. Jakarta.

WHO, 2005. Pengel aan Aman Limbah Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta

Widhiatmoko, A, Yulinah T, 2010. Kajian Pengelolaan Limbah Padat B3 di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Ramelan. Surabaya.

Wulandari, P, 2012. Upaya minimisasi dan Pengelolaan Limbah Medis di Rumah Sakit Haji Jakarta Tahun 2011, Skripsi. Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2017

Terbitan

Bagian

Artikel