Agribisnis Komoditi Perikanan Unggulan Di Kota Pekanbaru

Penulis

  • Shinta Utiya Syah Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

agribisnis, komoditi, perikanan

Abstrak

Kota Pekanbaru mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi usaha unggulan seperti potensi di bidang perikanan disamping bidang industri dan bidang lainnya. Potensi ini ditandai dengan adanya ketersediaan lahan dan sumberdaya air untuk pengembangan agrobisnis perikanan darat. Komoditas perikanan unggulan adalah komoditas yang mempunyai nilai unggul baik secara kompetitif maupun komparatif. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi pengembangan agribisnis komoditi perikanan unggulan di kota Pekanbaru. Hasil analisis menunjukan bahwa komoditas perikanan yang unggul di Kota Pekanbaru adalah patin, lele, dan nila. Pengembangan agribisnis komoditi perikanan unggul tersebut untuk sentra produksi komoditi ikan patin berada di Kecamatan Bukit Raya, Tampan dan Payung Sekaki. Sentra ikan lele berada di Kecamatan Tampan Bukit Raya dan Payung Sekaki. Sentra ikan nila berada di Kecamatan Bukit Raya, Tampan dan Payung Sekaki.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Almasdi Syahza, 2003. Percepatan Ekonomi Pedesaan Melalui Pembengunan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Ekonomi Pembengunan Volume 12, Nomor 2.

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau dan Badan Penelitian Ekobis Fakultas EkonomiUniversitas Riau. 2014. Penusunan Master Plan Agribisnis Berbasis Ekonomi Kerakyatan di Kota Pekanbaru. Balitbang Riau.

Laksana Sudrajat. 2013. Model dan Strategi Pengembangan Pertanian Agribisnis di Indonesia dan Peranan Public Relation Makalah Seminar Peranan Public Relation dalam Pembangunan Pertanian. Bogor.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2016

Terbitan

Bagian

Artikel