Peranan Program Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Dalam Mendukung Kebijakan Pembangunan Dan Inovasi Pemerintah Kabupaten Pelalawan

Penulis

  • Esi Witria Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pelalawan

Kata Kunci:

inovasi, sistem inovasi daerah, pelalawan

Abstrak

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan cara pandang/pendekatan pembangunan daerah yang dilakukan oleh kabupaten Pelalawan sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang berdaya saing tinggi. Kebijakan pembangunan daerah kabupaten Pelalawan dapat bersinergi dengan Program Penguatan Sistem Inovasi Daerah (PSIDa) sebagaimana tertuang dalam peraturan bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi Nomor 03 Tahun 2012 dan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah yang menjadi salah satu acuan dalam perencanaan pembangunan daerah agar lebih Inovatif dan progresif. Program PSIDa di kabupaten Pelalawan telah dilaksanakan dalam 2 (dua) periode yaitu, periode 2012-2016 dan periode 2017-2021. Salah satu capaian penting dalam pelaksanaan Program PSIDa dikabupaten Pelalawan adalah pencanangan kawasan teknopolitan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru yang berbasis hilirisasi sawit. Pada Kawasan Teknopolitan telah dibangun Infrstruktur yang akan mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru serta Pembangunan dan Pengoperasionalan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) yang akan mendukung perkembangan industri, pusat riset dan aktifitas inovatif lainnya. Pelaksanaan PSIDa di Kabupaten Pelalawan juga telah mengantarkan Kabupaten Pelalawan meraih Penghargaan di Tingkat Nasional seperti Juara II Budhi Praja Tahun 2017, Juara II Innovation Government Awards Kategori Daerah Perbatasan Tahun 2018 dan Juara I Innovation Government Awards Kategori Daerah Perbatasan Tahun 2019 dimana Pelaksanaan Penguatan Sistem Inovasi Daerah (PSIDa) sebagai salah satu Indikator penilaian dari kompetisi tersebut.

Referensi

Balitbangda Pelalawan. 2018. Radar Inovasi Daerah (RIDa) Kabupaten Pelalawan. BPPT-Balitbangda Kabupaten Pelalawan. Pangkalan Kerinci

Balitbangda Pelalawan. 2018. Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Balitbangda Kabupaten Pelalawan. Pangkalan Kerinci

Balitbangda Pelalawan. 2018. Dokumen Hasil Rapat Pokja SIDa Tahun 2018. Pangkalan Kerinci.

Balitbangda Pelalawan. 2018. Dokumen Hasil Rapat Paripurna SIDa Tahun 2018. Pangkalan Kerinci.

Balitbangda Pelalawan. Data Pengukuran RIDa Tahun 2018, Pangkalan Kerinci.

Malerba, F. 2006. Sectoral System 5 : How and Why Inovation Differs Across Sectors, In J. Fagerbery, D.C. Mowery, & R. R. Nelson, The Oxford Handboook Of Innofation (PP. 380-406). Oxford : Oxford Unifersity Press.

Soetjipto, H.P. (1995). Aplikasi Meta-Analisisis untuk Analisis Aitem Skala Pola Asuh Demokratik, Laporan Penelitian, Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2019

Terbitan

Bagian

Artikel