Pemanfaatan Limbah Sagu Menjadi Kompos Dan Kerajinan Tangan Di Kabupaten Kepulauan Meranti

Penulis

  • Gevisioner Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

Limbah sagu, produk unggulan, pendapatan, masyarakat

Abstrak

Salah satu permasalahan yang timbul karena produktivitas sagu yang cukup tinggi adalah menumpuknya limbah sagu yang mencemari lingkungan baik air, darat maupun udara karena limbah sagu baik ampas sagu, kulit batang, pelepah serta daun pada umumnya hanya dibiarkan menumpuk dan tidak ditangani sebaik mungkin sehingga menimbulkan pencemaran. Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah mengoptimalkan dan difersifikasi pemanfaatan limbah sagu menjadi produk yang bermanfaat seperti kompos dan bahan baku pembuatan sovenir. Hasil analisis terhadap beberapa literatur terkait tujuan penelitian diperoleh diperoleh bahwa limbah dari pengolahan batang sagu dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos, media tanam dan souvenir. Produk dari limbah sagu dapat dijadikan produk unggulan daerah kabupaten Kepulauan Meranti, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Anonymous. 2012. Berpotensi Sebagai Bahan Pangan Lokal

Sagu Riau 171 Ribu Ton. http://www.wartariau.com/read-329-2011-03-30-.html. 24 Januari 2012.

Balitbang Riau. 2013. Laporan Akhir Kajian Aplikasi Bioteknologi untuk Seleksi Bibit Unggul Sagu (Metroxylonm Sagu Rottb), Fitoremediasi dan Optimalisasi Limbah Sagu Menjadi Produk Unggulan Masyarakat. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau. Pekanbaru

BPS Riau, 2012. Riaudalam Angka 2011. BPS Provinsi Riau. Pekanbaru.

Flach . M. 1997. Sago Palm Metroxylon Sagu Rottb. International Plant Generic Resources Institute. Rome. Promoting The Conservation and The use of under utilized ang neglected Crops.

Haryanto dan Pangloli. 1992. Potensi dan Pengolahan Sagu. Kanisius. Yogyakarta

Hariyanto, dkk. 2011. Sistem Produksi, Pengolahan dan Pemanfaatan Hutan Sagu untuk Penyediaan Pangan Karbohidrat di Papua Barat. Badan engkajian dan Penerapan Teknologi.

Kindangen, J. G. Dan I. E. Malia. 2003. Pengembangan Potensi dan Pemberdayaan Petani Sagu di Sulawasi Utara. Dalam Prosiding Seminar Sagu Nasional Sagu untuk Ketahanan Pangan. Manado, 6 Oktober. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Bogor.

Sipahutar dan Supriadi, 2009. Prospek Pengembangan Agroindustri Sagu di Riau Kepulauan. Jurnal Sagu, Volume 8 Nomor 2 : 16-21.

Suryana, A. 2007. Arah dan Strategi Pengembangan Sagu di Indonesia. Prosiding Lokakarya Pengembangan Sagu Di Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2017

Terbitan

Bagian

Artikel