Efektivitas Komunikasi Dalam Program Corporate Social Responsibility PT. Pertamina RU II Sungai Pakning Pada Masyarakat Kabupaten Bengkalis

Penulis

  • Anuar Rasyid Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
  • Elfiyana Putri Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau

Kata Kunci:

corporate sosial responsibility, efektivitas, komunikasi

Abstrak

PT. Pertamiana RU II Sungai Pakning memiliki devisi Corporate Social Responsibility (CSR), dimana devisi ini mempunyai program-program yang salah satunya ada program Kampung Gambut Berdikari yang didampingi langsung oleh Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas komunikasi antara Corporate Social Responsibility (CSR) dengan kelompok/masyarakat dalam menjalankan program kampung gambut berdikari. Konsep dari penelitian ini yaitu konsep 7C yang dikemukakan oleh Cutlip dkk. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok program kampung gambut berdikari yang berjumlah 84 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling sensus atau jenuh, maka semua populasi sebanyak 84 orang diambil semua menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan hasil perhitungan efektivitas komunikasi dalam program Corporate Social Responsibility, diperoleh nilai sebesar 3,18. Dimana nilai ini masuk kedalam rentang skala efektif (2,50- 3,25). Secara rinci rata-rata indikator, dimulai dari nilai terbesar yaitu dengan skor 3,26 (Continuity and Consistency), sehingga membuat indikator Continuity and Consistency masuk kedalam skala sangat efektif. Kemudian dilanjutkan dengan nilai 3,23 (content), yang membuat content masuk kedalam skala efektif. Sama dengan content, Capability of Audience dan Channels of Distribution sama-sama memiliki nilai rata-rata 3,23. Credibility memiliki skor rata-rata 3,15 yang memasuki skala efektif. Kemudian skor 3,10 dari context, membuat context masuk dalam skala efektif. Rata-rata terendah yaitu clarity dengan skor 3,08 yang masuk ke dalam skala efektif.

Referensi

Alhumaira, Budi Sri Fitria, 2017. Essay Kampung Gambut Berdikari oleh tahun.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, edisi kedua. Jakarta: Kencana.

Cutlip, Scott M, Allen H. Center, dan Broom, Glen M. 2006. Effective Public Relations; Edisi Sembilan Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta : Kencana Prenanda Media Grup.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Laporan Monitoring dan Evaluasi CSR PT. Pertamina RU II Sungai Pakning tahun 2018.

Moreno A, Capriotti P. 2009. Communicating CSR, citizenship and sustainability on the web. Journal of Communication Management. 13 (2):157- 175.

Mulyana, Deddy. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasdian FT. 2014. Pengembangan Masyarakat. Jakarta (ID): Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nielsen AE, Thomsen C. 2009. CSR communication in small and medium-sized enterprises: A study of the attitudes and beliefs of middle managers. Corporate Communications. An International Journal. 14(2):176-189.

Rasyid, Anuar, Amiruddin Saleh, Hafied Cangara, Budi Wahyu Priatna. 2015. Komunikasi Dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan : Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. MIMBAR, Vol. 31, No. 2. http://ejournal.unisba.ac.id/ind ex.php/mimbar/article/view/15 64

Rasyid, Anuar, Amiruddin Saleh, Hafied Cangara, Budi Wahyu Priatna. 2015 The Role Of Communication In Corporate Social Responsibility. International Journal Of Research In Social Sciences. Vol. 5, No 7. http://www.ijsk.org/wpcontent/ uploads/2015/04/1- ROLE-OFCOMMUNICATION. Pdf

Rasyid, Anuar. 2017. Komunikasi Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Membangun Citra dan Reputasi PTPN V di Pekanbaru. Disertasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rasyid, Anuar. 2019. Komunikasi CSR Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Pekanbaru: Taman Karya.

Rasyid, Anuar. Belli Nasution. 2018. Implementation Of CSR Communication In Community Empeworment At PT Energi Mega Persada International Journal Of Research In Social Sciences. Vol. 27, No. 1. http://www.ijsk.org/wpcontent/ uploads/2018/10/IJRS S_Vol27_P2_Sep18_Belli_Na sution.pdf

Rusmadi Awza, E. E. (2015). Analisis Komunikasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Kemitraan Ptpn V Di Pekanbaru. Repository University Of Riau, 641-647.

Saputra, Randi. 2018. Efektivitas Komunikasi Internal Corporate Communications Dalam Menyebarluaskan Informasi Kepada Karyawan di PT Riau Andalan PULP and Paper. [Online]. (4-6), dalam http://jom.unri.ac.id [diakses pada 14 Februari 2019].

Undang - undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Kewajiban Melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Pasal 74.

Verboven H. 2011. Communicating CSR and business identity in the chemical industry through mission slogans. Business Communication Quarterly 74 (4):415- 431.doi.10.1177/10805699114 24485.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2019

Terbitan

Bagian

Artikel