Consumers’ Shopping Habits Of Bulk And Packaged Cooking Oil In Pangkalan Kerinci Sub-District, Pelalawan District, Riau Province

Authors

  • Yeni Kusumawaty Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
  • Evy Maharani Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
  • Tengku Harunur Rasyid Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau
  • Sonia Magdalena Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau

Keywords:

focus group discussion, bulk cooking oil, packaged cooking oil, behavior, consumers

Abstract

This study was conducted to determine consumer habits in purchasing bulk and packaged cooking oil in Pangkalan Kerinci Subdistrict, Pelalawan District, Riau Province. Respondents in this study were 46 housewives who consumed cooking oil in Pangkalan Kerinci Subdistrict, which were divided into 4 groups. The method applied in this research was focus group discussion (FGD). Data were analyzed using descriptive analysis. Respondents consume more packaged cooking oil than bulk cooking oil because of the cleanliness and hygiene of packaged cooking oil. There are seven purchase locations that are often used as a place of purchase, namely neighbourhood food stalls (warung), Indomaret, hypermarkets, Alfamart, supermarkets, traditional markets and wholesalers. Factors that influence respondents in choosing cooking oil are price, location of purchase, package size and discount.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pelalawan. 2018. Kabupaten Pelalawan Dalam Angka 2018.

BPS Kabupaten Pelalawan. Pangkalan Kerinci. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pelalawan. 2017. Kecamatan Pangkalan Kerinci Dalam Angka 2016. BPS Kabupaten Pelalawan. Pangkalan Kerinci.

Direktorat Jendral Perkebunan. 2016. Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017: Kelapa Sawit (Oil Palm). Sekretariat Direktorat Jendral Perkebunan. Jakarta.

Fitriana. 2015. Analisis Perbandingan Sikap Konsumen dalam Memilih Produk Minyak Goreng Kemasan dan Curah (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Kota Pekanbaru). JOM FEKON. 2(1): 1-14.

Hurriani, V. 2005. Pembeliaan, Penggunaan, Penyimpanan, dan Konsumsi Minyak Goreng pada Rumah Tangga Miskin dan Tidak Miskin di Kota Bogor Serta Estimasi Level Fortifikan. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 8. Erlangga. Jakarta.

Linda. 2015. Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Program Diskon Pada Minat Beli Ulang Di Matahari Versus Ramayana. Skripsi Tidak dipublikasikan). Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). 2013. Profil Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Primadhyta, Safyra. 2016. Mendag Tunda Kewajiban Penjualan Minyak Goreng Kemasan. CNN Indonesia.16 Februari 2016.

Sinaga, Pariaman. 2006. Penelitian Dampak Keberadaan Pasar Modern (Supermarket dan Hypermarket) Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional. Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM. 1(1): 1-8.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Supriyana, Eko. 2006. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Minyak Goreng Bermerek dan Tidak Bermerek (Kasus: Rumah Makan di Kota Bogor). Skripsi (Tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Zakia, Farah. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Minyak Goreng Curah dan Minyak Goreng Kemasan Studi Kasus Pasar Peunayong Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. 2(1): 1-10.

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Artikel