Efektivitas Bimbingan Karir Dalam Mendukung Program Vokasi di Provinsi Riau

Penulis

  • Syartiwidya Syartiwidya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau
  • Candra Sari Mutiara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau
  • T. Marlina Cahyani Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

Kata Kunci:

Bimbingan Karir, Program Vokasi, DUDI, Sekolah Menengah Kejuruan, Modul Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi program bimbingan karir bagi siswa terhadap kompetensi yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja; (2) menganalisis kontribusi program bimbingan karir siswa SMK guna  mengembangkan diri dalam pencapaian karir secara tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu Disain Cross sectional, sedangkan metode kualitatif menggunakan pendekatan Deep interview dan observasi. Subjek penelitian adalah siswa SMKN 3, SMKN 7, SMKN Pertanian dan SMK Muhammadiyah I. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan Karir mempunyai korelasi atau kontribusi terhadap minat dan kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Siswa yang  memiliki minat dan kesiapan kerja serta merasakan manfaat Bimbingan Karir didominasi perempuan. Rekomendasi penelitian yaitu: (1) Diperlukan penyelarasan kurikulum; pembelajaran berbasis proyek; serta Pendidik atau instruktur dari industri, dunia usaha dan dunia kerja (DUDI); (2) Perlu ditambah waktu magang guru serta pemagangan/praktek kerja lapangan bagi siswa di DUDI; (3) Perlu lebih dioptimalkan Bimbingan Karir dengan pengembangan modul Bimbingan Karir yang sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan DUDI.

Referensi

Abadi, C. (2020). Peran Guru BK dalam Perencanaan Arah Karir Siswa (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang). MUHAFADZAH, 1(1), 27-50.

Alfriansyah, M., & Widarto, W. (2018). Pengembangan Modul Bimbingan Karier untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI Program Teknik Permesinan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 6(6), 397-402.

Apriyani, D., Sudana, I. M., & Krisnawati, M. (2020). Keutamaan Soft Skills bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 166-170.

Ashari, H., Abdal, N. M., & Setialaksana, W. (2021). Pengembangan Model Link and Match Melalui Praktek Kerja Industri (Prakerin) Jurusan Teknik Tenaga Listrik. Jurnal Media Elektrik, 18(1), 8-13.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Industri Besar dan Sedang Provinsi Riau BPS tahun 2019.

Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 (2014).

Eliza, R., Ahmad, R., & Asnah, M. I. B. (2023). Pengembangan Modul Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 671-682.

Fajriah, U. N., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Bimbingan Karir pada Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421-432.

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1-14.

Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., Puspita, D., Sucitra, H., & Ulfa, F. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling untuk Mencegah Stres Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Indrasari, H., Marguin, M., & Hadianti, N. (2022). Bimbingan dan Konseling Karir pada Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 124-135.

Jackson, D., & Tomlinson, M. (2020). Investigating The Relationship Between Career Planning, Proactivity and Employability Perceptions among Higher Education Students in Uncertain Labour Market Conditions. Higher Education, 80(3), 435-455.

Karamoy, Y. K., Afif, H. N., & Mutakin, F. (2023). Pengembangan Modul Bimbingan Karir tentang Perencanaan Karir Siswa. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(1), 38-47.

Maesaroh, S., & Saraswati, S. (2020). Prediksi Locus of Control Internal dan Kecerdasan Emosi Dengan Kematangan Karir. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90-103.

Maryanti, N., & Apriana, D. (2019). Kompetensi Siswa SMK dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier untuk Siswa SMP Kelas IX. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(4), 151-157.

Maslikhah, Hidayat, D. R., & Marjo, H. K. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK Negeri. Ilmu dan Budaya, 43(1), 33-44.

Rahmi, A., & Asnah, M. B. (2023). Analisis Urgensi Pengembangan Modul Bimbingan Karir dalam Membantu Perencanaan Pendidikan Lanjutan Siswa SMP. Journal on Education, 5(3), 9307-9321.

Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 (2022).

Rosyida, A., & Suhartini, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Teaching Factory dalam Meningkatkan Karakter Wirausaha Siswa SMK. Jurnal Online Tata Busana, 10(2), 91-101.

Suhartini, R., Vitariyanti, D., Ramadhani, B. Y. A., & Astuti, E. M. Y. (2020). The Marketing of Teaching Factory Product Through Online E-Commerce at Fashion Design Vocational High Schools. In 2020 Third International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering (ICVEE), 1-6.

Umam, R. N. U. (2021). Pengembangan Efikasi Diri Siswa SMK dalam Menentukan Keputusan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 115-132.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Terbitan

Bagian

Artikel